Pengertian
Laporan
Laporan
mempunyai peranan yang penting pada suatu organisasi karena dalam suatu
organisasi dimana hubungan antara atasan dan bawahan merupakan bagian dari
keberhasilan organisasi tersebut. Dengan adanya hubungan antara perseorangan
dalam suatu organisasi baik yang berupa hubungan antara atasan dan bawahan,
ataupun antara sesama karyawan yang terjalin baik maka akan bisa mewujudkan
suatu sistem delegation of authority dan pertanggungjawaban akan terlaksana
secara effektif dan efisien dalam organisasi.
Pengertian
laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu
kegiatan, pada dasarnya fakta yang disajikan itu berkenaan dengan tanggung
jawab yang ditugaskan kepada si pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan
atau keterangan berdasarkan keadaan objektif yang dialami sendiri oleh si
pelapor (dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika si pelapor melakukan
suatu kegiatan.
Prinsip –
prinsip Penulisan laporan
Laporan pada
dasarnya adalah alat komunikasi juga. Supaya dapat digunakan sebagai alat
komunikasi yang efektif, sebuah laporan harus memenuhi syarat–syarat berikut
ini.
1. Lengkap
Artinya data
dan fakta yang ada dalam laporan harus lengkap
2. Jelas
Sebuah
laporan disebut jelas bila uraian dalam laporan tidak memberi peluang
ditafsirkan secara berbeda oleh pembaca yang berbeda. Ini dapat dicapai bila
bahasa yang digunakan benar dan komunikatif
3. Benar / akurat
Data dan
fakta yang salah dapat menuntun pembaca membuat suatu keputusan yang salah.
Jadi kebenaran dan keakuratan isi laporan sangat diperlukan.
4. Sistematis
Laporan
harus diorganisasikan sedemikian rupa, dengan system pengkodean yang teratur,
sehingga mudah dibaca dan diikuti oleh pembaca. Laporan yang sistematis juga
menunjang unsur kejelasan yang sudah diciptakan oleh unsur – unsur bahasa.
5. Objektif
Penulis
laporan tidak boleh memasukkan selera pribadi ke dalam laporannya. Pelapor
harus bersikap netral dan memakai ukuran umum dalam minilai sesuatu.
6. Tepat waktu
Ketepatan
waktu mutlak diperlukan, karena keterlambatan laporan bisa mengakibatkan
keterlambatan pengambilan keputusan.
B. Jenis
Laporan
Laporan ada
dua macam,yaitu laporan hasil penelitian Ilmiah dan laporan Teknis.
1. Laporan Ilmiah.
Laporan
Ilmiah adalah laporan yang disusun melalui tahapan berdasarkan teori tertentu
dan menggunakan metode ilmiah yang sudah disepakati oleh para ilmuwan (E.Zaenal
Arifin,1993). Dan menurut Nafron Hasjim & Amran Tasai (1992) Karangan
ilmiah adalah tulisan yang mengandung kebenaran secara obyektif karena didukung
oleh data yang benar dan disajikan dengan penalaran serta analisis yang
berdasarkan metode ilmiah.
2. Laporan Teknis
Laporan
tentang hal teknis penyelenggaraan kegiatan suatu badan atau instansi.Laporan
teknis mengandung data obyektif tentang sesuatu.data obyektif dalam laporan
teknis itu juga mengandung sifat ilmiah,tetapi segi kepraktisannya lebih
menonjol.sehingga yang dimaksud dengan laporan teknis adalah suatu pemberitahuan
tentang tanggung jawab yang dipercayakan,dari si pelapor
(perseorangan,tim,badan,atau instansi) kepada si penerima laporan tentang teknis
penyelenggaraan suatu kegiatan (E.Zaenal Arifin,1993).Dan menurut Muljanto
Sumardi (1982) Dalam laporan teknik manusia menggunakan bahasa tulis untuk
mengkomunikasikan gagasan,paham,serta hasil pemikiran dan penelitian.
Laporan dapat
digolongkan menurut :
Adapun
beberapa jenis lain laporan yaitu :
1.
Maksud
pelaporan
-
Laporan
informativ, yaitu laporan yang dimaksudkan untuk memberi informasi dan bukan
dimaksudkan untuk memberi analisis atau rekomendasi. Titik pentingnya adalah
pemberian informasi yang akurat dan terinci.
-
Laporan
rekomendasi, yaitu laporan yang di samping memberikan informasi juga
menyertakan pendapat si pelapor, dengan maksud memberikan rekomendsasi (usul
yang tidak mengikat). Meski demikian akurasi dan rincian informasi tetap
diperlukan supaya rekomendasi yang diberikan juga meyakinkan.
-
Laporan
analitis, yaitu laporan yang memuat sumbangan pikiran si pelapor, bisa berupa
pendapat atau saran, setelah melalui analitis yang matang dan mendalam.
Kebanyakan laporan akademis berada pada kategori ini.
-
Laporan
Pertanggungjawaban, di mana si pelapor memberi gambaran tentang pekerjaan yang
sedang dilaksanakan (Progress report) atau sudah dilaksanakan (bersifat
evaluatif).
-
Laporan
Kelayakan (feasibility report). Pelapor menganalisis suatu situasi atau masalah
secara mendalam untuk menuju penilaian yang bersifat pilihan: layak atau tidak.
Berbagai alternative dinanalisis, kemudian ditentukan mana yang lebih baik.
2.
Bentuk
Laporan
-
Laporan
berbentuk Memo; Biasanya laporan pendek yang memuat hal – hal pokok saja, dan
beredar di kalangan intern organisasi.
-
Laporan
berbentuk Surat; Isinya lebih panjang daripada laporan yang berbentuk memo,
sekitar tiga lembar folio. Bisa ditujukan ke luar organisasi.
-
Laporan
berbentuk naskah; Laporan ini bisa panjang atau pendek. Bila panjang dibuat
dalam format buku, dan dalam penyampaiannya mutlak diperlukan surat atau memo
pengantar.
-
Laporan
berbentuk Campuran; Laporan ini tidak lain gabungan antara bentuk naskah dengan
memo atau surat. Dibuat begini karena isinya cukup kompleks sehingga harus
dipadukan dengan bentuk naskah agar pengkodean bagian – baiannya lebih mudah
dilakukan.
-
Laporan
berbentuk formulir.
-
Laporan
berbentuk buku.
3.
Waktu
Penyampaian
-
Laporan Insidental;
Laporan ini tidak disampaikan secara rutin, hanya sekali- sekali saja dalam
rangka suatu kegiatan yang tidak terjadwal tetap.
-
Laporan
Periodik; Ditulis dalam suatu periode tertentu dan dinamai sesuai periodenya
pula. Contoh: Laporan harian, Mingguan, Bulanan dan seterusnya.
Sistematika
Laporan
laporan lengkap
yang lengkap, harus dapat menjawab semua pertanyaan mengenai : apa ( what ),
mengapa ( why ), siapa ( Who ), dimana ( where ), kapan ( when ), bagaimana (
how ). Urutan isi laporan sebaiknya diatur, sehingga penerima laporan dapat
mudah memahami. Urutan isi laporan antara lain sebagai berikut :
1. Pendahuluan
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
1) Latar belakang kegiatan.
2) Dasar hukum kegiatan.
3) Apa maksud dan tujuan kegiatan.
4) Ruang lingkup isi laporan.
1. Pendahuluan
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
1) Latar belakang kegiatan.
2) Dasar hukum kegiatan.
3) Apa maksud dan tujuan kegiatan.
4) Ruang lingkup isi laporan.
2. Isi
Laporan
Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
1) Jenis kegiatan.
2) Tempat dan waktu kegiatan.
3) Petugas kegiatan.
4) Persiapan dan rencana kegiatan.
5) Peserta kegiatan.
6) Pelaksanaan kegiatan (menurut bidangnya, urutan waktu pelaksanaan, urutan fakta / datanya).
7) Kesulitan dan hambatan. Hasil kegiatan.
9) Kesimpulan dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang.
Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
1) Jenis kegiatan.
2) Tempat dan waktu kegiatan.
3) Petugas kegiatan.
4) Persiapan dan rencana kegiatan.
5) Peserta kegiatan.
6) Pelaksanaan kegiatan (menurut bidangnya, urutan waktu pelaksanaan, urutan fakta / datanya).
7) Kesulitan dan hambatan. Hasil kegiatan.
9) Kesimpulan dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang.
3. Penutup
Pada kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf bila ada kekurangan-kekurangan. Juga dengan maksud apa laporan itu dibuat.
Pada kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf bila ada kekurangan-kekurangan. Juga dengan maksud apa laporan itu dibuat.
Contoh
laporan formal
LAPORAN RAPAT KERJA TIM
PENILAI
BUKU TEKS PELAJARAN SD, SMP, DAN
SMA/SMK
YANG DISELENGGARAKAN OLEH BSNP
A. PENDAHULUAN
Alhamdulillah SMP Islam Al Azhar 1 mendapat
kepercayaan dari Badan Standar Nasional Pendidikan untuk mengirimkan 3 guru
dalam menentukan Buku Teks Pelajaran yang layak digunakan oleh sekolah mulai
dari SD sampai SMA/SMK. Setelah kami mengirimkan curriculum vitay,
alhamdulillah kami memenuhi kriteria sebagai tim penilai buku teks pelajaran.
Adapun yang ditetapkan sebagai penilai buku teks
pelajaran adalah Rujiman, S.Pd. (guru Bahasa Indonesia), Farikhah Afidah, S.Pd.
(guru IPA), dan Sunarmi, S.Pd. (guru IPS). Kami bertiga mendapat kepercayaan
untuk mengikuti Rapat Kerja Tim Penilai Buku Teks Pelajaran SD, SMP, dan
SMA/SMK yang dilaksanakan di Hotel Safari Garden Bogor yang dilaksanakan pada
tanggal 4 s.d. 9 Juni 2008.
B. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini diberi nama Rapat Kerja Tim Penilai
Buku Teks Pelajaran SD, SMP, dan SMA/SMK.
C. TUJUAN KEGIATAN
Tujuan kegiatan ini adalah :
1. Menilai buku teks
pelajaran yang diajukan oleh penerbit untuk ditentukan kelayakannya.
2. Menentukan jenis buku
teks pelajaran yang memenuhi standar mutu pendidikan
D. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan rencana yaitu tanggal 4-9 Juni 2008 di Hotel Safari Garden
Bogor. Akan tetapi, karena berkat kerja keras dan profesionalisme
kinerja para guru, kegiatan itu berhasil diselesaikan dalam waktu 4 hari.
E. PESERTA KEGIATAN
Peserta kegiatan terdiri atas: 200 orang guru
terdiri atas guru Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, PKn, Bahasa Inggris dari
jenjang SD sampai SMA/SMK. Adapun guru – guru yang diundang berasal dari
sekolah-sekolah yang ada di propinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
F. PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan Rapat Kerja Tim Penilai Buku Teks
Pelajaran dibuka jam 13.00 WIB dan dihadiri oleh 250 orang guru yang terdiri
atas guru Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan PKn. Selain itu hadir
para dosen dan profesor yang ahli di bidangnya masing-masing sebagai
supervisor. Acara dibuka oleh Kepala BSNP menilai buku teks. Setiap bidang
studi perjenjang diarahkan oleh 2 supervisor. Setelah acara dibuka dilanjutkan
pembekalan atau penyajian materi tentang teknik menilai buku teks dilanjutkan
dengan pelatihan.
Pelatihan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan
tenaga penilai yang mampu memahami kriteria teknis yang terdapat dalam
instrumen penilaian dan agar penilai memiliki kemampuan menilai berdasarkan
instrumen penilaian yang disusun oleh BSNP. Melalui pelatihan ini diharapkan
penilai dapat memiliki pemahaman yang sama terhadap butir-butir instrumen
penilaian buku teks pelajaran.
Kegiatan penilaian buku teks pelajaran dilakukan
secara bertahap dengan jadwal yang sangat ketat. Tahap I jam 08.00 – 12.00 WIB,
tahap II jam 14.00 – 17.00, dan tahap III jam 19.00 – 24.00 WIB. Setiap guru
dikelompokkan berdasarkan mata pelajaran sesuai dengan jenjang pendidikan
masing-masing. Setiap mata pelajaran rata-rata ada 400 buku dan 40 penilai yang
terdiri atas dosen, ahli materi, guru, dan ahli grafika.
Apabila dalam penilaian terdapat perbedaan nilai lebih
dari 2 maka dilakukan moderasi, yaitu kedua penilai guru dipertemukan untuk
mempertanggungjawabkan hasil penilaiannya dan menentukan kesepakatan untuk
nilai buku tersebut. Adapun butir-butir penilaiannya pun sangat kompleks
sehingga kami dituntut ketelitian, kejelian, penalaran, dan berbagai kriteria
yang menuntut kerja keras.
G. HASIL KEGIATAN
Adapun hasil kegiatan Rapat Kerja Penilai Buku Teks
adalah sebagai berikut:
1. Kami bertiga berhasil
menyelesaikan penilaian buku sebanyak 44 buku dengan rincian: Bahasa Indonesia
SD kelas I-VI sebanyak 12 buku, IPA SD kelas I – VI sebanyak 14 buku, dan IPS
SD kelas I – VI sebanyak 18 buku.
2. Memperoleh pengalaman
yang berharga menjadi penilai buku sehingga dapat memperkaya pengetahuan untuk
menjadi penulis buku.
3. Melakukan sharing
penilaian buku berbagai jenjang pendidikan sehingga dapat menentukan
sistematika penyajian materi pembelajaran mulai SD sampai SMA.
4. Dapat menularkan
pengetahuan dan pengalaman kepada guru-guru dalam kegiatan MGMP sehingga dapat
membantu menentukan kelayakan buku yang akan digunakan secara seragam di SMP
Islam Al Azhar.
5. Mempromosikan Al Azhar
sebagai lembaga pendidikan yang dapat dibanggakan.
H. ANGGARAN BIAYA
Adapun anggaran biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan
tersebut adalah biaya transportasi perjalanan sebesar Rp 500.000,00 dengan
rincian biaya penggantian bensin, tol, dan tip sopir antar jemput. Hal ini
dilakukan karena tidak ada kendaraan YPI yang bisa digunakan untuk mengantar
dan menjemput kami.
I. PENUTUP
Demikian laporan pertanggungjawaban kegiatan ini
kami sampaikan. Panitia mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada
Pimpinan SMP Islam Al Azhar 1 dan YPI Al Azhar yang telah memberikan
kepercayaan dan dukungan sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik.
Sumber :
1. https://girlycious09.wordpress.com/tag/definisi-laporan/
2. http://dewironson.blogspot.com/2013/06/definisi-laporan-dan-jenis-jenis-karya_3816.html
3. http://faizul-myblog.blogspot.com/2012/05/pengertian-laporan.html
kurang lengkap gan
BalasHapushehe..