Clock

Minggu, 27 November 2011

PEMUDA DAN SOSIALISAI

A. Pemuda
Pemuda merupakan generasi muda yang akan melanjutkan cita-cita suatu bangsa. Pemuda sendiri adalah individu yang telah beranjak dewasa yang selalu berinteraksi sosial dengan masyarakat. Dikatakan pemuda apabila seseorang telah beranjak dewasa dan berumur 15-24 tahun. Fase inilah dimana pemuda-pemudi mendapatkan pendidikan dan wawasan pengetahuan yang lebih.
B. Sosisalisasi dan Pemuda
Sosialisasi merupakan proses yang membantu individu melalui media pembelajaran dan penyesuaian diri, untuk dapat bertindak dan berpikir sehingga dapat berperan dan berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam sosialisasi, antara lain: Proses Sosialisasi, Media Sosialisasi dan Tujuan Sosialisasi.

a. Proses sosialisasi
Arti dari sosialisasi menunjuk pada semua faktor dan proses yang membuat manusia menjadi selaras dalam hidup bermasyarakat. Proses sosialisasilah yang membuat seseorang menjadi tahu bagaimana ia harus bersikap dan bertingkah laku ditengah-tengah masyarakat dan lingkungan budayanya. Dari proses tersebut, seseorang akan tahu cara berpikir dan kebiasaan-kebiasaan hidupnya.
Semua warga negara mengalami proses sosialisasi tanpa kecuali dan kemampuan untuk hidup ditengah-tengah orang lain atau mengikuti norma yang berlaku dimasyarakat. Ini tidak datang begitu saja ketika seseorang dilahirkan, melainkan melalui proses sosialisasi.
b. Media sosialisasi
Media sosialisasi terdiri dari :
• Orang tua dan keluarga
• Sekolah
• Masyarakat
• Teman bermain
• Media Massa.
c. Tujuan sosialisasi
• Individu harus diberi ilmu pengetahuan (keterampilan) yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat.
• Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengenbangkankan kemampuannya.
• Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
• Bertingkah laku secara selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan pada masyarakat umum.
                Oleh karena itulah pemuda di Indonesia sangatlah penting untuk kemajuan bangsa sebagaiamana pemuda berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara. Semakin tinggi pendidikan yang didapat pemuda makan semakin mampu ia membangun bangsa untuk menuju bangsa yang maju dan tumbuh berkembang.

Sumber: http://www.anakciremai.com/2009/10/makalah-sosiologi-tentang-pemuda-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar