Clock

Senin, 21 Oktober 2013

Perkembangan Teknologi Masa Kini

Perkembangan Teknologi dan Dampak Perkembangannya Pada Anak


Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam beperjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global.
Teknologi telah memengaruhi masyarakat dan sekelilingnya dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global masa kini) dan telah memungkinkan bertambahnya kaum senggang. Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak dikehendaki, yang disebut pencemar, dan menguras sumber daya alam, merugikan dan merusak Bumi dan lingkungannya. Berbagai macam penerapan teknologi telah memengaruhi nilai suatu masyarakat dan teknologi baru seringkali mencuatkan pertanyaan-pertanyaan etika baru. Sebagai contoh, meluasnya gagasan tentang efisiensi dalam konteks produktivitas manusia, suatu istilah yang pada awalnynya hanya menyangku permesinan, contoh lainnya adalah tantangan norma-norma tradisional.
Teknologi sekarang ini sangat cepat perkembangannya. Mulai dari teknologi sederhana, hingga teknologi yang paling canggih sekalipun. Maka tidak heran, kalau banyak inovasi-inovasi yang bermunculan dari adanya teknologi tersebut. Terutama bagi pelajar yang saat ini masih dalam pembelajaran. Karna dengan adanya teknologi, pelajar dapat lebih cepat memahami pelajaran. Misalnya kemudahan dengan adanya teknologi projector di kelas


Dampak Positif Teknologi Bagi Pelajar

1. Kemudahan Dalam Belajar
Manfaat utama teknologi bagi pelajar adalah kemudahan bagi anak yang ingin belajar. Dikarenakan pelajar bisa melacak materi dimanapun dia ada dengan internet. Terlebih sekarang dimudahkan dengan adanya ponsel smartphone yang telah dapat diperoleh dengan harga murah seperti halnya HP Mito.
2. Mempunyai Daya Kreatifitas Tinggi
Teknologi mempunyai peraan juga didalam pengembangan daya kreatifitas pelajar. Karena sekarang ini telah banyak aplikasi layaknya photoshop, coreldraw, game, situs (blog), serta lain sebagainya yang dapat menambah kreatifitas maupun kecerdasan seorang pelajar.

Dampak Negatif Teknologi Bagi Pelajar
1. Sangat Rentan Dengan Kejahatan
Kerugian utama yang diperoleh bila pelajar menyalahgunakan teknologi yaitu terjurumus dengan kejahatan. Entah itu kejahatan se*ksu@l, krimin@l, nar**ba, atau yang lain. Dikarenakan amat gampang sekali untuk mengakses situs-situs yang bertentangan dengan agama maupun etika.
2. Menghabiskan Uang Untuk Hal Yang Tidak Penting
Hal ini kerap sekali terjadi pada pelajar yang kecanduan dengan game online karna game online yaitu di antara teknologi yang bisa merugikan. Terkadang anda diharuskan untuk beli suatu hal untuk melanjutkan ke misi setelah itu. Hingga anda selalu mengeluarkan duit, karna anda kecanduan tersebut.



Daftar pustaka :
  • http://artikelterkait.com/dampak-teknologi-bagi-pelajar.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar