Clock

Rabu, 20 November 2013

Contoh Program Class pada JAVA



 Berikut ini merupakan contoh program class pada JAVA:



Logika program :
Pada baris 1-5 menjelaskan blok program dengan class
·         Class manusia : menjelaskan pada baris ke 1terdapat pembuatan class dengan nama Manusia
·         { : tanda ini berfungsi untuk awal dari blok program String namaLengkap ; pada variable namaLengkap memiliki tipe data string
·         String hobi; pada variable hobi bertipe data string
·         Int tinggiBadan; pada variable tinggiBadan memiliki tipe data integer dan
·         Int umur ; untuk mendeskripsikan variable umur bertipe data integer.
·         } : digunakan untuk menutup blok program dari class Manusia
Pada baris ke-6-9 menjelaskan tentang isi dari class cobaKelas
·         Public class cobaKelas : menjelaskan bahwa program memiliki class bernama cobaKelas 
·         Public static void main ( String [] args ) : perintah ini menandakan progam ini memiliki method main yang bersifat static dimana method utama sebagai progam utama.
·         Manusia devi = new manusia (); berfungsi untuk memasukan data baru pada variable manusia yang kemudian disimpan ke dalam variable devi.
·         Manusia eca = new manusia (); berfungsi untuk memasukan data baru pada variable manusia yang kemudian disimpan ke dalam variable eca.
·         devi.namaLengkap = “Devi Agustiani”; mendeskripsikan bahwa data Devi Agustiani akan disimpan dalam variable devi.namaLengkap
·         devi.hobi = “Berenang”; menjelaskan bahwa data Berenang  akan disimpan didalam variable devi.hobi
·         devi.umur = 20; untuk data  20 yang bertipe data integer akan disimpan di variable devi.umur
·         devi.tinggiBadan = 170; mendeklarasikan untuk nilai pada data tinggi 170 akan disimpan di variable devi.tinggiBadan.
·         String nama = eca.namaLengkap = “Eca Putri”; menjelaskan data Eca Putri akan disimpan ke dalam variable eca.namaLengkap dan akan disimpan ulang ke dalam variable nama yang bertipe data string.
·         String hobi = eca.hobi = “Shopping”; mendeskripsikan data Shopping akan disimpan di variable eca.hobi dan disimpan ulang kembali di variable hobi yang bertipe data string.
·         Int tinggi = eca.tinggiBadan = 165; mendeskripsikan data 165 akan disimpan ke dalam variable eca.tinggiBadan dan akan disimpan kembali dalam variable yang berbeda di variable tinggi yang bertipe data integer.
·         Sama halnya dengan data dengan nilai 20 akan disimpan dalam variable eca.umur dan akan disimpan kembali pada variable umur yang bertipe data integer.
·         String Dwi = devi.namaLengkap + " umur " + devi.umur + " th,dengan tinggi " + devi.tinggiBadan + " hobinya " + devi.hobi;
System.out.println (Devi); perintah ini digunakan untuk menampilkan data pada variable Devi, dimana pada variable Devi yang data string telah tersimpan data-datanya akan dipanggil oleh program saat memproses  dengan perintah devi.namaLengkap akan menampilkan nama, devi.umur untuk menampilkan output umur, devi.tinggiBadan untuk menampilkan data tinggi badannya dan devi.hobi untuk menampilkan data pada variable hobi. Untuk memanggil data tersebut agar bisa ditampilkan di layar maka menggunakan symbol + untuk memanggil data yang tersimpan pada setiap variable
·         String Eca = eca.namaLengkap + " umur " + eca.umur + " th,dengan tinggi " + eca.tinggiBadan + " hobinya " +eca.hobi; menjelaskan bahwa pada variable eca.namaLengkap, eca.umur, eca.tinggiBadanan dan eca.hobi akan disimpan didalam variable Eca yang bertipe data string.

·         System.out.println (Eca);  perintah ini digunakan untuk menampilkan data yang tersimpan pada variable Eca
Hasil output

Tidak ada komentar:

Posting Komentar