Clock

Rabu, 20 November 2013

Penggunaan Statement Kondisi



 Pada praktikum ini, kita akan mencoba menggunakan statement kondisi IF pada program JAVA


Logika program :
Pada baris ke-1 mengindikasikan pembuatan class program dengan nama struktruIF yang bersifat public.
Pada baris ke-2 mendeklarasikan variable yang digunakan pada kelas strukturIF memilikai method void main dimana method tersebut bersifat utama yang mana merupakan program utama dengan sifat public static. Pada method ini memiliki beberapa variable yaitu
·         String nama = “Erlangga Bachtera”; mendeklarasikan untuk varibel nama memiliki tipe data string dimana data tersebut adalah Erlangga Bachtera
·         Int umur = 20; pada sintaks ini mengindikasikan bahwa pada variable umur bertipe data integer memiliki data bernilai 20.
·         Int nomor_pokok = 12111463; mengindikasikan untuk variable nomor_poko bertipe data integer dengan data variable 12111463.
Pada baris ke-7 sampai ke 18 merupakan blok program dengan kondisi IF. Baris ke-7 menjelaskan apabila variable nama tersimpan data Erlangga Bachtera maka proses akan berlanjut yaitu dengan System.out.println (“Nama : “+nama); digunakan untuk menampilkan output nama yang disimpan pada variable nama.
Pada baris ke-9 menjelaskan perintah kondisi IF dimana jika variable yang diinput pada umur bernilai kurang dari sama dengan 12 maka program akan menampilkan output umur  “Anda masih kecil,umur anda “ dan + umur  digunakan untuk memanggil data inputan yang disimpan dalam variable umur. Namun jika umur anda lebih dari 12 maka program akan menjalankan kondisi IF yang kedua yang dimana akan menampilkan output “Anda sudah dewasa “ dan akan ditampilkan umur yang diinput.
Pada baris ke-13 ini menjelaskan perintah IF selanjutnya untuk menentukan berapa gaji yang diterima dimana jika nomor_pokok yang diinput adalah 12345 makan program akan memproses dan menampilkan output “ Gaji anda adalah Rp 1.000.000”. Untuk kondisi yang kedua jika pada variable nomor_pokok bernilai 12111463 maka program akan menampilkan output “Gaji anda adalah Rp 1.500.000” tetapi jika pada variable nomor_pokok tidak bernilai sesuai dengan syarat yang telah ditentukan oleh program maka program akan menampilkan output sisanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar