Clock

Rabu, 29 Mei 2013

Masalah Pokok Ekonomi dan Pengaruh Mekanisme Harga



Masalah Pokok Ekonomi
Masalah merupakan suatu kondisi yang menghambat suatu proses dimana kondisi tersebut harus diselesaikan. Masalah pokok dalam ekonomi yaiut:
·         Konsumsi,  setiap kebutuhan manusia atau masyarakat didesak oleh kebutuhan-kebutuhan atau keinginannya dalam menentukan jenis barang-barang dan jasa yang hendak digunakan atau dikonsumsi.
·         Produksi, masalah produksi berkaitan erat dengan produk (barang dan jasa) apa yang akan diproduksi, untuk siapa barang tersebut diproduksi, menggunakan berapa tenaga kerja. Dalam kegiatan produksi, tidak terlepas dari cara penggunaan bahan mentah, peralatan (modal), tenaga kerja, dan teknologi yang menentukan kapasitas produksi atau kemampuan memproduksi barang dan jasa.
·         Distribusi, msalah distribusi adalah bagaimana menyalurkan barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen serta saluran distribusi apa yang akan digunakan. misalnya lewat distributor, agen, atau saluran lainnya
·         Pertumbuhan, masalah pertumbuhan ekonomi menyangkut bertambahnya pendapatan nasional, di antaranya bertambahnya pendapatan/ masyarakat. Pertumbuhan juga berkaitan erat dengan kelangsungan hidup manusia. Pokok masalahnya adalah bagaimana kehidupan ekonomi berjalan terus menerus dengan sumber daya alam yang semakin berkurang, sementara pertambahan penduduk dan kebutuhan masyarakat terus meningkat.
·         Masalah ekonomi modern
 Permasalahan Ekonomi Modern
a.      Menentukan barang dan jasa yang harus diproduksi (what to produce), Karena sumber daya terbatas sementara kebutuhan tidak terbatas, maka tidak semua barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat  dapat diproduksi. Suatu masyarakat ekonomi harus menentukan barang dan jasa apa saja yang akan diproduksi, barang dan jasa mana yang akan diprioritaskan, barang dan jasa apa yang akan diproduksi kemudian, serta barang dan jasa apa yang tidak dapat diproduksi. Ini merupakan masalah bagaimana mengalokasikan sumber daya yang ada (sumber daya alam, manusia, dan modal) ke dalam berbagai sektor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.
b.      Menentukan cara barang diproduksi (how to produce)
Metode produksi atau teknologi mana yang akan digunakan ? Di sini, diperlukan penggunaan metode produksi atau teknologi yang paling efisien, artinya yang dapat menghasilkan suatu barang dan jasa dengan pengorbanan (atau biaya) yang paling rendah. Ilmu ekonomi memandang teknologi sebagai faktor penting dalam proses produksi. Namun, masih banyak faktor penting yang harus dipertimbangkan, seperti skala produksi, kemampuan manajerial,kemampuan finansial, dan sikap mental.
c.      Menentukan untuk siapa barang-barang diproduksi (to whom) ,
Salah ekonomi tentang bagaimana hasil produksi dibagikan adalah masalah tentang keadilan dan pemerataan distribusi. Bagaimana memberi balas jasa atas warga yang bekerja lebih banyak daripada yang lainnya.Masalah distribusi juga terkat dengan pertanyaan bagaimana memberi jaminan kepada sebagian warga yang mendapatkan hasil produksi di dalam ekonomi, sekalipun tidak ikut berproduksi seperti anak-anak sekolah dan orang tua jompo. Keputusan untuk siapa barang dan jasa diproduksi berkaitan erat dengan konsep keadilan masyarakat yang bersangkutan. Bagi masyarakat egaliter, keadilan berarti setiap individu berhak mendapatkan barang dan jasa secara adil dalam jumlah yang sama, tetapi bagi masyarakat utilitarian yang dimaksud dengan  adil adalah pembagian barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan masing-masing .




Pengaruh Mekanisme Harga

Dalam perekonomian, mekanisme harga sangatlah berperan penting terutama menyangkut masalah pokok perekonomian. Mekanisme harga akan menjadi pedoman dalam memproduksi barang, bahan baku yang digunakan, kualitas barang, jumlah produksi, jumlah pendistribusian, dan tingkat kemampuan konsumen untuk membelinya.
Jika tidak ada pengendalian terhadap mekanisme harga, produksi dan konsumsi akan tidak seimbang. Alur produksi sampai konsumsi juga akan menciptakan suatu mekanisme harga. Jika perusahaan telah mengatasi masalah pokok pertama, yaitu tentang produksi ( telah menentukan barang apa yang akan dibuat) maka perusahaan akan memikirkan tentang harga modal yang dibutuhkan untuk produksi sesuai dengan target pangsa pasar. Jika barang dibuat untuk kelas menengah ke atas, maka dapat menggunakan bahan baku yang relative lebih berkualitas dan mahal, begitu juga sebaliknya. Setelah barang terproduksi maka terbentuklah harga awal barang, selanjutnya bagian distributor untuk menyalurkan. Pembentukan harga selanjutnya adalah dapat berdasarkan jarak pengiriman barang dengan mempertimbangkan kemungkinan akan kerusakan barang yang terjadi, beserta kadaluarsanya. Selanjutnya setelah barang tiba, pembentukan harga akhir adalah di tempat konsumen dapat memiliki barang tersebut, seperti toko, pasar, swalayan, dan sebagainya. Dengan tingkat persaingan yang sehat dalam hal distribusi dan penjualan retail, maka harga dapat terkendali. Namun bila tanpa pengawasan, aka nada kemungkinan pihak-pihak tertentu menjadi mengendalikan harga, dan mengganggu mekanisme harga, yang pada akhirnya juga akan mengganggu perekonomian.

      Sumber :
  • http://mane3x.wordpress.com/tag/definisi-dan-metologi-ekonomi/ 
  • http://dewiwindows.blogspot.com/2013/03/masalah-pokok-ekonomi-dan-pengaruh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar